Kelengkapan 2 Jenis Nakes di BANYUMAS JAWA TENGAH
0%
0
Puskesmas Pembantu Lengkap
100,00%
37
Puskesmas Pembantu Belum Lengkap
Keterangan Kelengkapan 2 Jenis Nakes di BANYUMAS JAWA TENGAH
76% - 100% | 51% - 75% | 26% - 50% | 0% - 25%Terdapat Kekurangan 74 Nakes Untuk Mengisi Kekosongan Pustu di BANYUMAS JAWA TENGAH
Kabupaten | Pustu | Jenis | Perawat | Bidan | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
ASN | Non-ASN | Total | ASN | Non-ASN | Total | |||
BANYUMAS | PUSTU KOBER PURWOKERTO BARAT | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU KUTALIMAN KEDUNG BANTENG | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU BANTAR JATILAWANG | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU GERDUREN PURWOJATI | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU PAPRINGAN BANYUMAS | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU PARUNGKAMAL LUMBIR | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU PASINGGANGAN BANYUMAS | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU PATIKRAJA PATIK RAJA | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU PEKUNCEN PEKUNCEN II | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU KALIURIP PURWOJATI | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU KALIWEDI KEBASEN | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU PURWOKERTO WETAN PURWOKERTO TIMUR I | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU SANGGREMAN RAWALO | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU SELANEGARA SUMPIUH II | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU SILADO SUMBANG I | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU SINGASARI KARANG LEWAS | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU PEJOGOL CILONGOK II | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU PLIKEN KEMBARAN II | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU WATUAGUNG TAMBAK I | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU SIBALUNG KEMRANJEN I | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU WLAHAR WETAN KALIBAGOR | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU ARCAWINANGUN PURWOKERTO TIMUR I | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU BANJARSARI WETAN SUMBANG II | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU DARMAKRADENAN AJIBARANG I | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU DERMAJI LUMBIR | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU GENTAWANGI JATILAWANG | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU GRUJUGAN KEMRANJEN II | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU GUNUNGLURAH CILONGOK I | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU JINGKANG AJIBARANG II | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU KARANGKLESEM PEKUNCEN II | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU KARANGNANAS SOKARAJA I | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU KEDONDONG SOKARAJA II | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU KEDUNGBANTENG KEDUNG BANTENG | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU KEDUNGURANG GUMELAR | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU KEMAWI SOMAGEDE | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU KEMIRI SUMPIUH I | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
BANYUMAS | PUSTU KEMUTUG LOR BATURADEN II | Puskesmas Pembantu | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
Keterangan
Sudah Terisi | KosongStandar Ketenagaan Minimal
Berdasarkan Peraturan Pemerintah 28 Tahun 2024, Standar Ketenagaan Minimal (SKM) merupakan salah satu metode penyusunan perencanaan tenaga medis dan tenaga kesehatan melalui pendekatan Institusi. SKM digunakan untuk menghitung kebutuhan tenaga medis dan tenaga kesehatan sesuai dengan standar ketenagaan (jenis dan jumlah) pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang baru atau akan didirikan.
Perhitungan Kekurangan Tenaga Prioritas Berdasarkan SKM
Perhitungan kekurangan tenaga medis dan tenaga kesehatan berdasarkan SKM di Fasilitas Kesehatan yaitu dengan membandingkan tenaga eksisting (bezetting) yang aktif bekerja di fasilitas kesehatan dan terdata di SISDMK dengan standar masing-masing fasilitas kesehatan.
Perhitungan Kekurangan Tenaga Berdasarkan SKM
(Kekurangan = standar - eksisting (bezetting))
Standar Ketenagaan Minimal Puskesmas Pembantu
SKM di Puskesmas Pembantu (PUSTU) mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas.
Ketenagaan dimaksud merupakan 2 Jenis Tenaga Prioritas di Pustu yaitu perawat dan bidan.
Perbandingan Standar Minimal dengan Jenis Kepegawaian
Perbandingan Standar Minimal dengan Status Kepegawaian merupakan filterisasi status kepegawaian yang dapat digunakan untuk pemanfaatan tertentu. Status kepegawaian dimaksud adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN. Sehingga dalam hal filterisasi data tersebut dapat membandingkan eksisting (bezetting) :
1. Pegawai ASN (PNS dan PPPK); atau
2. SELURUH status pegawai (ASN dan Non ASN).
Persentase Kelengkapan Tenaga Prioritas Berdasarkan SKM di Indonesia
Persentase kelengkapan tenaga prioritas berdasarkan SKM merupakan Puskesmas Pembantu yang SUDAH MEMILIKI tenaga prioritas >= SKM. Puskesmas Pembantu dianggap LENGKAP apabila memiliki jumlah tenaga minimal untuk 2 jenis tenaga prioritas di Puskesmas Pembantu.
Perhitungan Persentase Kelengkapan Puskesmas Pembantu dilakukan pada masing-masing Provinsi dan Kabupaten/Kota
(Kelengkapan = Jumlah Puskesmas Pembantu Lengkap Tenaga Prioritas/Total Puskesmas Pembantu * 100%)
Note:
Kelengkapan = persentase kelengkapan (%)
Jumlah Puskesmas Pembantu Lengkap Tenaga Prioritas = Jumlah Puskesmas Pembantu Lengkap Tenaga Prioritas dalam Provinsi/Kabupaten/Kota
Total Puskesmas Pembantu = Total Puskesmas Pembantu dalam Provinsi/Kabupaten/Kota
Persentase Tidak Lengkap Tenaga Prioritas Berdasarkan SKM di Indonesia
Persentase Belum Lengkap tenaga prioritas berdasarkan SKM merupakan Puskesmas Pembantu yang MEMILIKI tenaga prioritas < SKM. Puskesmas Pembantu dianggap BELUM LENGKAP apabila tidak memiliki Puskesmas Pembantu memiliki jumlah tenaga minimal untuk 2 jenis tenaga prioritas di Puskesmas Pembantu.
Perhitungan Persentase Puskesmas Pembantu Tidak Lengkap dilakukan pada masing-masing Provinsi dan Kabupaten/Kota
(Tidak Lengkap = Jumlah Puskesmas Pembantu Tidak Lengkap Tenaga Prioritas/Total Puskesmas Pembantu * 100%)
Note:
Tidak Lengkap = persentase tidak lengkap (%)
Jumlah Puskesmas Pembantu tidak lengkap Tenaga Prioritas = Jumlah Puskesmas Pembantu Tidak Lengkap Tenaga Prioritas dalam Provinsi/Kabupaten/Kota
Total Puskesmas Pembantu = Total Puskesmas Pembantu dalam Provinsi/Kabupaten/Kota
Gradasi Pewarnaan Peta
Gradasi warna yang menunjukkan perbedaan nilai berdasarkankelengkapan tenaga prioritas di Puskesmas Pembantu dengan menggunakan pewarnaan yang berbeda.
a. Merah = Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang memiliki persentasekelengkapan tenaga prioritas di Puskesmas Pembantu sebesar 0 - 25%
b. Orange = Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang memiliki persentasekelengkapan tenaga prioritas di Puskesmas Pembantu sebesar 26 - 50%
c. Hijau Muda = Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang memiliki persentasekelengkapan tenaga prioritas di Puskesmas Pembantu sebesar 51 - 75%
d. Hijau Tua = Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang memiliki persentasekelengkapan tenaga prioritas di Puskesmas Pembantu sebesar 76 - 100%
Sumber Data
Terdapat beberapa sumber data yang digunakan yaitu:
A. Master Sarana Index (MSI)
Data daftar Puskesmas Pembantu
B. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK)
Data eksisting (bezetting) tenaga medis dan tenaga kesehatan.
C. Peraturan Menteri Kesehatan 43 Tahun 2019 Jumlah Standar Ketenagaan Minimal di Pustu
Cut Off Data
Cut off penyajian data fasilitas pelayanan kesehatan dan data eksisting (bezetting) tenaga medis dan tenaga kesehatan adalah per tanggal 1 setiap bulan.