Kelengkapan 9 Jenis Tenaga Standar Ketenagaan Minimal di SIMALUNGUN SUMATERA UTARA
6,52%
3
Puskesmas Sudah Memenuhi Lengkap
93,48%
43
Puskesmas Belum Memenuhi Lengkap
Keterangan Kelengkapan 9 Jenis Tenaga Standar Ketenagaan Minimal di SIMALUNGUN SUMATERA UTARA
76% - 100% | 51% - 75% | 26% - 50% | 0% - 25%Terdapat Kekurangan 113 Nakes ASN Untuk Memenuhi Standar Minimal Puskesmas di SIMALUNGUN SUMATERA UTARA
Kabupaten | Puskesmas | Jenis | Dokter | Dokter Gigi | Perawat | Bidan | Promosi Kesehatan | Sanitasi Lingkungan | Gizi | Farmasi | ATLM |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
SIMALUNGUN | BUNTU TURUNAN | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 0/1 | 8/5 | 9/4 | 1/1 | 1/1 | 0/1 | 0/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | BANDAR SIANTAR | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 0/1 | 8/5 | 17/4 | 2/1 | 0/1 | 0/1 | 1/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | MARIHAT BANDAR | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 1/1 | 10/5 | 15/4 | 1/1 | 0/1 | 0/1 | 1/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | BAH TONANG | Pedesaan Non Rawat Inap | 0/1 | 0/1 | 7/5 | 10/4 | 1/1 | 0/1 | 1/1 | 0/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | RAMBUNG MERAH | Perkotaan Rawat Inap | 4/2 | 1/1 | 12/8 | 37/7 | 1/1 | 1/1 | 1/2 | 1/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | BANDAR TINGGI | Pedesaan Non Rawat Inap | 3/1 | 0/1 | 5/5 | 20/4 | 1/1 | 0/1 | 0/1 | 1/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | BAH BOLON | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 0/1 | 9/5 | 19/4 | 1/1 | 1/1 | 0/1 | 0/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | MARUBUN JAYA | Perkotaan Rawat Inap | 2/2 | 1/1 | 8/8 | 30/7 | 3/1 | 2/1 | 1/2 | 1/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | PARBUTARAN | Pedesaan Non Rawat Inap | 1/1 | 0/1 | 5/5 | 14/4 | 2/1 | 0/1 | 0/1 | 1/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | CINGKES | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 0/1 | 4/5 | 9/4 | 2/1 | 0/1 | 1/1 | 0/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | SINASIH | Pedesaan Non Rawat Inap | 1/1 | 0/1 | 6/5 | 22/4 | 1/1 | 0/1 | 1/1 | 0/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | SAYUR MATINGGI | Pedesaan Non Rawat Inap | 1/1 | 0/1 | 2/5 | 17/4 | 1/1 | 0/1 | 0/1 | 0/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | SARIBU DOLOK | Perkotaan Non Rawat Inap | 1/1 | 1/1 | 9/5 | 18/4 | 1/2 | 1/1 | 2/1 | 3/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | PAMATANG SILIMAHUTA | Pedesaan Non Rawat Inap | 1/1 | 1/1 | 9/5 | 18/4 | 1/1 | 2/1 | 1/1 | 1/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | TIGA RUNGGU | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 1/1 | 9/5 | 27/4 | 1/1 | 1/1 | 1/1 | 1/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | HARANGGAOL | Pedesaan Non Rawat Inap | 1/1 | 1/1 | 8/5 | 11/4 | 1/1 | 0/1 | 1/1 | 0/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | SIPINTUANGIN | Pedesaan Non Rawat Inap | 1/1 | 0/1 | 8/5 | 21/4 | 1/1 | 1/1 | 1/1 | 1/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | SARIMATONDANG | Pedesaan Non Rawat Inap | 1/1 | 1/1 | 11/5 | 27/4 | 1/1 | 0/1 | 1/1 | 1/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | PAMATANG SIDAMANIK | Pedesaan Non Rawat Inap | 1/1 | 1/1 | 7/5 | 23/4 | 1/1 | 0/1 | 1/1 | 1/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | PARAPAT | Perkotaan Non Rawat Inap | 3/1 | 0/1 | 6/5 | 18/4 | 1/2 | 0/1 | 1/1 | 1/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | TANAH JAWA | Perkotaan Non Rawat Inap | 4/1 | 1/1 | 13/5 | 32/4 | 1/2 | 0/1 | 0/1 | 3/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | HATONDUHAN | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 0/1 | 14/5 | 22/4 | 1/1 | 1/1 | 1/1 | 1/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | TIGA DOLOK | Pedesaan Rawat Inap | 3/2 | 0/1 | 13/8 | 26/7 | 0/1 | 0/1 | 2/2 | 2/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | TIGA BALATA | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 0/1 | 11/5 | 33/4 | 3/1 | 0/1 | 1/1 | 2/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | PANEI TONGAH | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 0/1 | 10/5 | 38/4 | 0/1 | 2/1 | 0/1 | 2/1 | 2/1 |
SIMALUNGUN | PANOMBEIAN PANE | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 1/1 | 9/5 | 38/4 | 2/1 | 1/1 | 1/1 | 0/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | PEMATANG RAYA | Perkotaan Non Rawat Inap | 1/1 | 1/1 | 13/5 | 38/4 | 2/2 | 3/1 | 2/1 | 1/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | SARAN PADANG | Pedesaan Rawat Inap | 1/2 | 1/1 | 9/8 | 15/7 | 1/1 | 0/1 | 2/2 | 1/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | NEGERI DOLOK | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 1/1 | 9/5 | 18/4 | 3/1 | 0/1 | 2/1 | 0/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | SINDAR RAYA | Pedesaan Rawat Inap | 1/2 | 0/1 | 8/8 | 27/7 | 1/1 | 0/1 | 0/2 | 1/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | TAPIAN DOLOK | Perkotaan Non Rawat Inap | 3/1 | 1/1 | 16/5 | 32/4 | 2/2 | 1/1 | 3/1 | 3/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | SERBALAWAN | Pedesaan Non Rawat Inap | 5/1 | 1/1 | 9/5 | 35/4 | 2/1 | 1/1 | 1/1 | 2/1 | 2/1 |
SIMALUNGUN | SILAU MALAHA | Pedesaan Non Rawat Inap | 4/1 | 1/1 | 8/5 | 27/4 | 2/1 | 0/1 | 1/1 | 0/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | BATU ANAM | Perkotaan Non Rawat Inap | 4/1 | 1/1 | 18/5 | 36/4 | 2/2 | 1/1 | 0/1 | 2/1 | 2/1 |
SIMALUNGUN | SIMPANG BAH JAMBI | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 1/1 | 10/5 | 30/4 | 1/1 | 1/1 | 2/1 | 0/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | GUNUNG MALIGAS | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 0/1 | 7/5 | 30/4 | 2/1 | 0/1 | 2/1 | 0/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | RAJA MALIGAS | Pedesaan Non Rawat Inap | 1/1 | 1/1 | 8/5 | 12/4 | 1/1 | 1/1 | 0/1 | 0/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | HUTA BAYU | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 1/1 | 15/5 | 17/4 | 1/1 | 1/1 | 1/1 | 0/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | JAWA MARAJA | Pedesaan Non Rawat Inap | 3/1 | 0/1 | 6/5 | 18/4 | 0/1 | 0/1 | 0/1 | 0/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | PEMATANG BANDAR | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 1/1 | 6/5 | 19/4 | 1/1 | 1/1 | 0/1 | 0/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | KERASAAN | Pedesaan Non Rawat Inap | 5/1 | 1/1 | 8/5 | 29/4 | 1/1 | 1/1 | 0/1 | 1/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | BANDAR HULUAN | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 0/1 | 6/5 | 21/4 | 1/1 | 0/1 | 1/1 | 1/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | PERDAGANGAN | Perkotaan Non Rawat Inap | 4/1 | 1/1 | 11/5 | 32/4 | 2/2 | 1/1 | 1/1 | 1/1 | 1/1 |
SIMALUNGUN | BANDAR MASILAM | Pedesaan Non Rawat Inap | 2/1 | 1/1 | 7/5 | 17/4 | 1/1 | 1/1 | 1/1 | 0/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | BOSAR MALIGAS | Pedesaan Rawat Inap | 2/2 | 1/1 | 10/8 | 20/7 | 0/1 | 0/1 | 3/2 | 0/1 | 0/1 |
SIMALUNGUN | UJUNG PADANG | Pedesaan Non Rawat Inap | 1/1 | 1/1 | 6/5 | 22/4 | 2/1 | 0/1 | 0/1 | 0/1 | 1/1 |
Keterangan
Sudah Sesuai SKM | Belum Sesuai SKMStandar Ketenagaan Minimal
Berdasarkan Peraturan Pemerintah 28 Tahun 2024, Standar Ketenagaan Minimal (SKM) merupakan salah satu metode penyusunan perencanaan tenaga medis dan tenaga kesehatan melalui pendekatan Institusi. SKM digunakan untuk menghitung kebutuhan tenaga medis dan tenaga kesehatan sesuai dengan standar ketenagaan (jenis dan jumlah) pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang baru atau akan didirikan.
Perhitungan Kekurangan Tenaga Prioritas Berdasarkan SKM
Perhitungan kekurangan tenaga medis dan tenaga kesehatan berdasarkan SKM di Fasilitas Kesehatan yaitu dengan membandingkan tenaga eksisting (bezetting) yang aktif bekerja di fasilitas kesehatan dan terdata di SISDMK dengan standar masing-masing fasilitas kesehatan.
Perhitungan Kekurangan Tenaga Berdasarkan SKM
(Kekurangan = standar - eksisting (bezetting))
Standar Ketenagaan Minimal Puskesmas
SKM di Puskesmas merupakan kondisi jenis dan jumlah eksisting (bezetting) 9 jenis tenaga medis & tenaga kesehatan di Puskesmas berdasarkan karakteristik wilayah kerja dan kemampuan layanan yang disandingkan dengan SKM mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas
9 Jenis Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Prioritas di Puskesmas yaitu Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Bidan, Promosi Kesehatan, Sanitasi Lingkungan, Gizi, Farmasi, dan ATLM.
Kriteria Data Puskesmas
Kriteria Data merupakan filterisasi karakteristik data yang disajikan dan dapat digunakan untuk pemanfaatan tertentu. Kriteria data terdiri dari:
1. Capaian Output RPJMN, merupakan penyajian data dengan menggunakan data eksisting (bezetting) tenaga medis dan tenaga kesehatan bersumber dari SISDMK tiap awal bulan dan data daftar Puskesmas berdasarkan IKK Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan (Total Puskesmas = 10.195)
2. Teregistrasi, merupakan penyajian data dengan menggunakan data eksisting (bezetting) tenaga medis dan tenaga kesehatan bersumber dari SISDMK tiap awal bulan dan data daftar Puskesmas berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Puskesmas Teregistrasi yang diterbitkan setiap satu semester
3. Terdata SISDMK, merupakan penyajian data dengan menggunakan data eksisting (bezetting) tenaga medis dan tenaga kesehatan bersumber dari SISDMK tiap awal bulan dan data daftar Puskesmas yang terdata pada SISDMK
Perbandingan Standar Minimal dengan Jenis Kepegawaian
Perbandingan Standar Minimal dengan Status Kepegawaian merupakan filterisasi status kepegawaian yang dapat digunakan untuk pemanfaatan tertentu. Status kepegawaian dimaksud adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN. Sehingga dalam hal filterisasi data tersebut dapat membandingkan eksisting (bezetting):
1. Pegawai ASN (PNS dan PPPK); atau
2. SELURUH status pegawai (ASN dan Non ASN).
Persentase Kelengkapan Tenaga Prioritas Berdasarkan SKM di Indonesia
Persentase kelengkapan tenaga prioritas berdasarkan SKM merupakan Puskesmas yang SUDAH MEMILIKI tenaga prioritas >= SKM. Puskesmas dianggap LENGKAP apabila memiliki minimal 1 untuk 9 jenis tenaga medis dan tenaga kesehatan prioritas di Puskesmas.
Perhitungan Persentase Kelengkapan Puskesmas dilakukan pada masing-masing Provinsi dan Kabupaten/Kota
(Kelengkapan = Jumlah Puskesmas Lengkap Tenaga Prioritas/Total Puskesmas * 100%)
Note:
Kelengkapan = persentase kelengkapan (%)
Jumlah Puskesmas Lengkap Tenaga Prioritas = Jumlah Puskesmas Lengkap Tenaga Prioritas dalam Provinsi/Kabupaten/Kota
Total Puskesmas = Total Puskesmas dalam Provinsi/Kabupaten/Kota
Persentase Tidak Lengkap Tenaga Prioritas Berdasarkan SKM di Indonesia
Persentase Belum Lengkap tenaga prioritas berdasarkan SKM merupakan Puskesmas yang MEMILIKI tenaga prioritas < SKM. Fasilitas Kesehatan dianggap BELUM LENGKAP apabila tidak memiliki tenaga untuk 9 jenis tenaga medis dan tenaga kesehatan prioritas di Puskesmas.
Perhitungan Persentase Puskesmas Tidak Lengkap dilakukan pada masing-masing Provinsi dan Kabupaten/Kota
(Tidak Lengkap = Jumlah Puskesmas Tidak Lengkap Tenaga Prioritas/Total Puskesmas * 100%)
Note:
Tidak Lengkap = persentase tidak lengkap (%)
Jumlah Puskesmas tidak lengkap Tenaga Prioritas = Jumlah Puskesmas Tidak Lengkap Tenaga Prioritas dalam Provinsi/Kabupaten/Kota
Total Puskesmas = Total Puskesmas dalam Provinsi/Kabupaten/Kota
Gradasi Pewarnaan Peta
Gradasi warna yang menunjukkan perbedaan nilai berdasarkan kelengkapan tenaga prioritas di Puskesmas dengan menggunakan pewarnaan yang berbeda.
a. Merah = Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang memiliki persentase kelengkapan tenaga prioritas di Puskesmas sebesar 0 - 25%
b. Orange = Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang memiliki persentase kelengkapan tenaga prioritas di Puskesmas sebesar 26 - 50%
c. Hijau Muda = Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang memiliki persentase kelengkapan tenaga prioritas di Puskesmas sebesar 51 - 75%
d. Hijau Tua = Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang memiliki persentase kelengkapan tenaga prioritas di Puskesmas sebesar 76 - 100%
Sumber Data
Terdapat beberapa sumber data yang digunakan yaitu:
A. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK)
1. Data daftar Puskesmas
2. data eksisting (bezetting) tenaga medis dan tenaga kesehatan.
B. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/507/2024
Data daftar Puskesmas Teregistrasi Semester II Tahun 2023
C. Peraturan Menteri Kesehatan 43 Tahun 2019
Jumlah Standar Ketenagaan Minimal di Puskesmas
Cut Off Data
Cut off penyajian data fasilitas pelayanan kesehatan dan data eksisting (bezetting) tenaga medis dan tenaga kesehatan adalah per tanggal 1 setiap bulan.